Strategi Pemasaran Online Untuk UKM
- By : Editor336
- Category : UKM
- Tags: UKM, UKM Go Online

Unit Kecil Menenegah(UKM) menjadi salah satu gerakan yang terus digebrakan oleh pemerintah untuk dukungan kepada pengusaha kecil menengah.
Saat ini pelaku UKM harus mengikuti perkembangan sehingga dapat memasarkan produk-nya menjadi lebih luas lagi. Persaingan saat ini memang membuat para pelaku industri UKM mau tidak mau mengikuti perkembangan zaman seperti mulai mengenal teknologi internet dan mengikuti gerakan UKM Go online.
Go online disini dimaksud membawa produk-produk UKM dapat bersaing hingga dijual lebih besar lagi diberbagia daerah di Indonesia bahkan luar negeri.
Untuk bisa memasarkan produk UKM, perlu memperlajari strategi pemasaran online yang harus bisa diterapkan sehingga mendapatkan hasil maksimal. Apa saja strategi pemasaran online untuk UKM yang bisa dilakukan?
Membuat blog/website
Untuk memasarkan atau mempromosikan produk UKM, saat ini bisa menggunakan website/blog untuk mengupload produk-produk UKM tersebut. Dengan memiliki web/blog, maka orang bisa melihat produk-produk UKM anda dan bisa memasarkan lebih luas lagi.
Email marketing
Metode ini adalah mempromosikan barang-barang hasil UKM dengan email. Buat promosi menarik dan kirim email tersebut untuk menarik perhatian dari orang yang mungkin tertarik dengan produk UKM anda.
Gunakan penyedia layanan iklan
Cara lain untuk mengoptimalkan UKM adalah dengan menggunakan jasa layanan iklan. Ada banyak jenis iklan yang bisa digunakan seperti dari sosial media Facebook atau Instagram. Metode ini sangat ampuh untuk mempromosikan produk UKM kepada khalayak ramai.
Ada beberapa jenis penyedia layanan iklan seperti :
Google AdWords
Google merupakan mesin pencari nomor satu di dunia saat ini. Dengan pengguna yang sangat tinggi, Google sangat cocok dijadikan untuk memasang iklan.
Google memiliki AdWords, dimana ini adalah layanan untuk memasang iklan bagi para usaha seperti UKM dan lainnya. Ini sangat cocok untuk meningkatkan promosi bagi UKM.
Facebook Ads
Sama seperti Google, Facebook juga menyediakan layanan untuk mengiklankan produk seperti halnya produk UKM.
Facebook merupakan jejaring sosial dengan pengguna terbesar di dunia hingga saat ini. Dengan user yang besar, memasang iklan di Facebook sangat cocok untuk meningkatan promosi hasil produk UKM yang ada.
Sosial Media
Sosial media disini seperti Instagram, Twitter dan beberapa jenis sosial media lain juga bisa menjadi alternatif untuk memasang iklan.
SEO
Jika Anda melakukan pencarian di Google atau mesin pencarian, Anda akan ditampilkan berbagai pilihan. SEO berperan untuk meningkatkan kata kunci tertentu sehingga berada diatas pada saat dicari. Dan ini merupakan metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan promosi produk UKM.